Senin, 12 Desember 2016

Jadi Ojek Online

Satu minggu belakangan ini gua punya sampingan baru. Gua sekarang jadi Driver Ojek Online di salah satu Perusahaan Ojek Online (uhuk).

Kalau ditanyain ngapain gua mau jadi Driver Ojek Online, sebenernya gua bukan dalam posisi buat cari uang atau sampingan karena Puji Tuhan penghasilan gua dari usaha Clobberin Time dan part time menulis sudah lebih dari cukup.

Gue menjadi Ojek Online lebih ke arah observasi peran. Buat yang rutin baca postingan gua di Blog ini pasti tau kalau gua sekarang lagi terlibat penulisan di sebuah Novel dan dalam imajinasi gua salah satu karakter di Novel itu bakalan gua jadiin karakter yang punya kerjaan sebagai Ojol alias Ojek Online.

Agar mendapatkan feel-nya, gua emang kepikiran buat jadi Ojol selama 1 Minggu karena gua yakin pasti bakalan dapet pengalaman seru yang kelak bisa dipakai buat penulisan. Semakin klop karena salah satu buyer Clobberin Time kerja di salah satu perusahaan Ojol dan setelah speak sedikit, gua didaftarin langsung dan mulai hari itu juga, gua sudah bisa narik (tanpa perlu antri panjang).

Terlihat ganteng?
Cukup 1 Minggu jadi Ojol dan mari kita rasakan sensasinya. Rencana sih gua bakalan narik mulai dari jam 4 Sore karena dari pagi ampe jam 3 sore, gua masih harus ngurus produksi Clobberin Time dan baru ada waktu luang di sore hari.

Sebelum narik perdana, gua dandan yang rapih. Biar muka gak ganteng yang penting bersih, rapih, bersepatu dan wangi biar Customer betah dan happy diboncengin gua.

Jam 4 sore gue cus otw dari rumah, gua sih sudah bilang ke Nyokap kalau mau nyobain jadi Ojol selama 1 Minggu dan Nyokap fine-fine aja selama gua gak grepe penumpang eh selama gua hati-hati di jalan.

Tujuan perdana gua adalah ke kampus UNPAR di Cimbeuleuit karena katanya banyak mahasiswa disana yang sering pake Ojol. Apalagi disana kan banyak mahasiswi cakep, siapa tau ada yang jadi penumpang perdana gua terus bisa jadi deket, Kikikikik.

Oh iya, di tas gua selain isinya masker dan masker rambut buat Customer, gua juga siapin paketan snack yang isinya air mineral, permen dan snack. Anggaplah service dari gua dan gua bawa sekitar 10 bungkus. Kalau dapetnya yang cakep, gua kasih 1 pcs. Tapi kalau dapetnya Om gendut atau Ibu rempong, gak usahlah dikasih.

*Rasis bener*

Sesampainya di UNPAR, gua cari spot yang bagus buat nunggu orderan. Gua duduk di bawah pohon sambil balesin chat yang bejibun dari Customer Clobberin Time yang mau beli baju. 15 menit nunggu, ada alarm di HP gua yang menandakan ada orderan masuk. Gue klik enter dan muncul nama yang order "SAFA". Hati gua jadi berdegup kencang, dari nama aja udah keliatan keren "SAFA". Nama biasanya menentukan muka, kalau namanya standar kayak Mela atau Meli biasanya juga standar juga orangnya (peace ah Mel).

Jantung gua makin berdegup kencang + gua belum terlalu fasih make aplikasi Ojol ini. Rasanya kayak mau jemput pacar sendiri padahal gua sendiri belum tau SAFA kayak gimana orangnya tapi gua udah terlanjur gugup karena ini Customer perdana gua. Sue bener kalau misalnya ternyata SAFA itu ternyata Ibu-ibu penjual Extra Joss campur susu di Kantin Unpar.

Dia minta dijemput di Bukit Jarian dan gua langsung cus kesana. Oh iya, gua sengaja nutupin muka gua pake buff panjang biar keliatan sebagai Driver Ojol. Di tengah jalan, tiba-tiba HP gua rada ngehang karena banyaknya chat yang masuk. Apalagi semua Media Sosial gua (Facebook, Twitter, Instagram, LINE, WA, BBM, Path sampai Official Account LINE) semuanya aktif dan nyala (FYI, Medsos Clobberin Time yang gua pake buat jualan kalau Medsos pribadi malah jarang On).

HP gua jadi berat ditambah aplikasi Ojol ini yang datanya emang besar. Gua panik karena di satu sisi, si Safa sudah nelpon dan karena telpon itu pula, hp gua makin hang. Pelajaran pertama yang gua dapat adalah saat narik, matikan semua aplikasi biar HP gak berat dan hang,

Gak lama kemudian, gua akhirnya sampai di tujuan. Safa sudah berdiri dekat pohon, nungguin gua. "UB*R ya? Anterin ke Cipedes ya" kata Safa ramah. Asli cakep orangnya. Cocok banget ama gua tapi gua gak yakin dia ngerasa cocok ama gua, hahaha.

Cipedes dimana lagi, gak terlalu hafal gua. Bisa aja sih pake aplikasi WAZE tapi gua yaki kalau gua pake itu aplikasi, hp gua pasti langsung hang saat itu juga. Gua bilang ke Safa, tolong tunjukkin arah dan dia gak keberatan buat nunjukkin jalan.

Oh ya karena Safa mukanya ngegemesin, gua kasih dia snack yang gua bawa dari rumah *modus*. 15 menit kemudian kita sampai ke tujuan dan konyolnya, gua lupa buat neken 'START TRIP' dan gara-gara gua lupa neken tombol itu, tagihan argo yang harus dibayar Safa jadi gak muncul. Karena kepalang tanggung dan gak enak ke Safa, gua gratisin trip ini buat Safa.

"Gratis aja Mbak Safa, jangan kapok pake UB*R ya" kata gua sambil senyum. Awalnya Safa maksa mau bayar tapi gua tolak karena ngerasa gak enak. Ya anggaplah Safa ini sebagai penglaris a.k.a pembuka jalan buat gua.

Setelah nganterin Safa yang ngegemesin itu, hp gua langsung bergetar. Ada yang order di depan Hotel Cihampelas. Kali ini yang order cowo, muter sebentar akhirnya gua sampai ke Hotel yang dituju.

Sesampainya disana ada cowo yang sepertinya Mahasiswa lagi neteng tas dan berdiri di bawah pohon. Gua tanya "Pak Andri yang tadi order UB*R?", dia jawab iya dan tujuan dia mau ke Palasari buat cari bahan skripsi.

Oh iya, reaksi 2 orang penumpang perdana gua ini setiap lihat gua pasti kaget dan ngerasa kayak ada yang aneh. Mereka pasti mastiin "Ini bener dair UB*R"?

Si Pak Andri sampai nanya gini "Baru kali ini saya lihat ada driver Ojol pakenya sepatu NIKE"

"Nike KW kok Pak" kata gua merendah padahal itu asli, nitip ke temen gua yang lagi liburan. Pelajaran kedua yang gua dapat adalah saat lu jadi Diver Ojol jangan terlalu gegayaan. Standar aja.

Oh iya, selagi gua melakoni pekerjaan sebagai Ojol, gua memposisikan diri sebagai seorang Mahasiswa semester akhir yang sedang menyelesaikan skripsi dan butuh biaya untuk menyelesaikan skirpsi biar cepet lulus.

Di tengah perjalanan, Pak Andri nepok punggung gua dan nanya "Tempat dugem yang bagus dimana ya?"

"Kalau kata saya sih cobain si SOBBERS atau BUCHAREST. Itu tempatnya lagi nge-hype dan selalu ramai" kata gua SOK IYE padahal seumur-umur gua belum pernah masuk. Gua tau 2 tempat itu karena selain letaknya berhadapan, gua sering jajan Gehu Pedas yang letaknya emang diapit 2 tempat itu.

"Kalau SHELTER gimana menurut lu"

"Itu juga bagus. Yang di Dago kan? Cuma kalau Dago sedikit kurang aman kalau pulang Malam" kata gua lagi-lagi SOK IYE. Gua tau SHELTER karena sebelah SHELTER ada tukang bubur ayam yang sering gua mampirin.

Lagi asyik ngobrol, HP Pak Andri tiba-tiba berdering. Yang nelpon ternyata dari Driver GOJ*G dan ALLAHU AKBAR ternyata gua salah ngangkut orang. Ya Allah.

Si Pak Andri (gua gak tau namanya siapa) ternyata ordernya GOJ*G bukan UB*R. Dan kebetulan yang order ke gua itu posisinya di Hotel yang sama kayak si Pak Andri lagi nungguin Driver GOJ*G. Suasanya jadi awkward, udah akrab ngomongin SOBBERS sampai SHELTER eh malah salah ngangkut orang. Goblok bener.

Karena gak mungkin juga gua turunin si Pak Andri di tengah jalan akhirnya gua anterin dia ke tujuan. Total perjalanan 14rb tapi dibayar 20rb dan dia gak mau dibalikkin uangnya. Semoga skripsnya lancar ya Pak Andri, jangan terlalu ngegas kalau lagi dugem :)

2x anter, 2x kena masalah. Gua anggap ini sebagai pelajaran perdana karena dari kesalahan-kesalahan itu gua jadi tahu harus gimana kalau mau narik lagi.

Setelah nganterin Pak Andri, gua muter ke arah pusat Kota dan gak lama kemudian HP gua kembali berbunyi, tanda ada orderan masuk. Gue accept dan dapet cewek namanya Indah, doi minta dijemput di depan SMP jalan Padjajaran. Gua SMS dulu si Indah "Kak selamat siang Stefanus Sani dari UB*R, kakak mau dijemput dimana? Saya sekarang sudah dekat kesana". Sok keren emang si Sani panggil pake sebutan Kakak segala.

Dia bales dan bilang kalau dia lagi nungguin depan SMP pake jaket warna biru. Gua kesana, kok gak ada murid SMP pake jaket biru ya? Lagi bingung nyari tetiba pundak gua ditoel oleh Emak-emak berhijab pake jaket biru, dia nanya "Ini Sani dari UB*R ya?"

Anjay, udah sok kenal manggil 'Kak, Kak' eh dapetnya Emak-emak. Dia minta diantar PP (pulang pergi) ke Sukagalih terus balik lagi ke Sekolah ini. Keliatannya Emak ini guru dan mau ngambil barang yang ketinggalan di rumahnya. Btw, bedanya UB*R dibanding GOJ*G kita bisa bolak balik tanpa perlu order lagi loh.

Gua anter ke Sukagalih dan sesampainya di depan Masjid, dia minta gua suruh nunggu bentar. Gak lama kemudian, dia keluar dari Masjid sambil bawa anak kecil. Jadi ceritanya si Emak itu mau jemput anaknya yang baru bubaran sekolah!

LUAR BIASA EMAK! Motor gua itu bukan matic atau motor bebek yang ada ruang lebih buat ngangkut 2 orang sekaligus. Lu bayangin motor 1500cc, harus ngangkut 2 orang sekaligus (Emak gemuk + anak gemuk yang kebanyakkan ngunyah Oreo celup susu). Tanpa aba-aba, si anak langsung naik sambil diikuti Ibunya, gua dalam posisi terdesak. Badan gua sudah mentok sampai tangki bensin dan selangkangan gua sudah mati rasa gara-gara berada dalam posisi tertekan. Keji bener ini si Ibu, gak ada ampun.

Si Anak dan Emak seolah tanpa dosa sepanjang perjalanan cerita-cerita seru. Si Emak cerita kalau dia baru beli Donat J.CO dan si anak ketawa sumringah gegara ngebayangin makan J.CO di rumah. Lu enak tong makan J.CO, ini gua nyaris jadi korban impotensi gara-gara selangkangan gua mentok di tangki bensin dan gak bisa digerakkin lagi.

Kombinasi Emak gemuk dan Anak gemuk ini sudah bisa ngebuat gua gagal ereksi di masa yang akan datang.  Penderitaan ini akhirnya berakhir juga. Total argo 'cuma' 11.500, tidak sebanding dengan penderitaan gua sepanjang perjalanan.

Hari perdana gua narik, gua dapet 3x trip dan masing-masing trip ada ceritanya sendiri. Kalau soal pendapatan mah gak perlu dikulik lah, buat bensin juga habis. Malah gua tekor buat uang makan selama nungguin orderan di jalan.

Selama 1 Minggu gua narik, gua banyak dapet cerita seru dan mayoritas dapat customer yang baik dan pintar. Gua pernah dapat karyawan PT Kereta Api Indonesia, karyawan Property, wartawan Pikiran Rakyat sampai Guru Dance. Beruntung gua punya hobby baca jadi selalu nyambung ketika ngobrol entah itu lagi ngomongin soal Shinkansen, property, cover dance, dll. Gua juga sering dapet SMS dari customer yang pernah gua angkut supaya ngangkut mereka lagi. 


Beberapa komentar dari Customer
Tapi jujur sih ya, kalau soal penghasilan emang kurang menurut gua. Kalau tripnya jauh baru kerasa tapi kalau trip nya pendek-pendek gak kerasa dapetnya. Buat jajan batagor aja sudah habis.

Buat perbandingan aja, selama 1 Minggu gua narik itu, gua dapet penghasilan sekitar 237rb sekian. Bandingkan dengan penghasilan gua dari Clobberin Time yang bisa dapat 200rb bersih dari penjualan 2 Hoodies saja. 

Dan dengan berakhirnya tulisan ini berarti berakhir pula pekerjaan gua sebagai Ojol, buat para customer yang baik dan ramah semoga kelak kita ketemu lagi ya :)

4 komentar:

  1. San,u ngeblog jg ternyata hahahahahaha. Seru ya pengalaman jadi Ojol wkwkwkwkw

    BalasHapus
  2. michellesk20.blogspot.com di baca ya ka.. wkwkwk.. mkshh

    BalasHapus
  3. widih motornya 1500cc, ngeri kali cuy :v

    BalasHapus
  4. Saya iri sama kamu , bisa bicara bagus ma pelanggan
    Nih gue udah 3 bulan ngojek tapi susahnya minta ampun mau bicara ma pelanggan
    Jujur, saya cuma 3 pelanggan aja yang nyambung bicara itupun karna 1nya adik junior ,,, dari 200 penumpang cuma 3 .

    Memang saya ada gangguan anxiety sosial, but gue gabung ojol buat bisa keluarin rasa takut ma orang orang. Sedikit demi sedikit rasa takutku aga berkurang terutama yg paling kerasa sudah tidak takut lagi bicara sama org terdekat

    Btw blognya sangat bagus, mungkin sy bakalan baca terus :)

    BalasHapus